Sunday, July 29, 2012

KasasiDitolakSekdesSugihanKecPulungSerobot&Rusak Tanah WargaPonorogo


PONOROGO (RF) -SekertarisDesaAdalahtokohmasyarakat yang harusnyamelayanisertamengayomiwargamasyakatnya ,namuntidakuntuksekdessatuini. SebutsajaDjumono yang saatinimenjabatselakuSekertarisDesadi Wilayah kabPonorogotepatnya di desasugihankecpulung.Tidakterimadenganhasilputusan PN Ponorogo yang menolakKasasi yang diajukanDjumonodanrekantentanghakdankepemilikantanahdidesaKesugihan, kecamatanPulungPonorogomembuatpihaktergugatmenjadiberang.menurutnyaputusan PN Ponorogo No. 9/Pdt.G/2011/PN.PO tanggal 06 April 2011 sepihakdancacathukum.

Padahalsesuaiketetapanhukumtetapsejakterbitnya SK dariPengadilanNegeriPonorogo yang menolakdanmenyatakanYusrinisebagaipemenangdanmempunyaiHakataspengelolaanbeberapabidangtanahtersebut.SelanjutnyaYusrinisebagaipihaktergugatberhakmengelolatanahwarisandarimbahBrotodiwiryo.
NamunwalaupunbegituYusrinitidakbisabegitusajamengelolalahan yang sudahdinyatakanmenangoleh PN Ponorogo.Pasalnya, pihakDjumonodanrekanberusahamenyabotasemenghalanghalangisertamengintimidasikegiatanparapekerja.
Selainmelakukanintimidasiterhadappihaktergugat, Djumono yang jugasebagaiperangkatdesa (Sekdes) KesugihankecamatanPulungPonorogojugamenyabotasedanmenyerobottanahdenganmemasangpapantulisanditanah yang menjadisengketa.akibatnya, daritindakanyatersebutDjumonomaupunrekanyajelasmelawanhukummenentangputusanPN Ponorogo.
Disisilalinmenurutsumberinformasi yang dilakukanolehtim RF, SK PN Ponorogosudahjelasdanmempunyaihukumtetap.  Yang lebihdisayangkan, sebagaiPerangkatDesa PNS seharusnyatidakmelakukantindakan yang melanggarhukumdanmelayanimasyarakatsesuaitugasdanpoksinya.
SementaramenurutkuasahukumYusrini, SigitIksanWibowoSHi, MH atastindakannya, Djumonodanrekantermasukmelakukantindakpidanabisadiprosessecarahukum. secaraperdatakasussengketatanahantaraDjumonodanYusrinisudah final yang mempunyaihukumtetap.
NamunpascaeksekusiternyataDjumonodanrekanmengusaikembalibeberapabidangtanahuntukmelarangpihakYusrinimengelolatanahtersebut.Masihmenurut Tim Pengacaradari LBH STAIN Ponorogoini, atasdasartindakantersebut, kemarin 10/7 datangkeMapolresPonorogountukmenyerahkanbeberapaalatbuktiberuparekamankaset sebagaimasyarakatdanwarganegaramendapatkanhakdanpelayanansebagaimanamestinya video danphoto.
Sementarahinggasaatiniuntukmelengkapi data Tim LBH STAIN terusmengumpulkan data untukmembantupihakKepolisianmenanganikasussengketatanah.Serta daripihakYusrinisendiri,." karenaSekdespernahmengancamkepadasiapasaja yang terlibatataumembantuYusriniakanmendapatkankesulitan",pungkasnya.(ANANG RF)

No comments:

Post a Comment