Monday, October 29, 2012

PERINGATAN IDUL ADHA SMA N 1 KAUMAN



Kegiatan pemotongan hewan qurban
 Radar  Fakta Tulungagung.Lembaga sekolah yang terletak di barat kota Tulungagung tepatnya di Kecamantan Kauman SMA Negeri 1 Kauman ,pada kesempatan baik hari Raya Idhul ADHA 1433 H,tahun ini ,seperti tahun-tahun sebelumnya ,para guru dan murid melakukan Ibadah Sholat Idul Adha secara bersamaan di sekolah,
SMA Negeri 1 Kauman
Sehabis melakukan Ibadah Sholat berjama’ah bersama di lanjutkan dengan penyebelihan  hewan Qurban ,Hari Jum'at tanggal 26 oktober 2012 merupakan hari yang penuh barokah bagi umat Islam, dimana merupakan hari besar bagi umat Islam yaitu Hari raya Idul Ahda yang merupakan puncak dari bulan dhulhijah ( 10 dhulhijah ) umat Islam sedunia melaksanakan Ibadah Haji di tanah Makkah. Dalam rangka memperingati dan menunaikan Ibadah qurban pada hari jum’at tanggal 26 oktober SMA N 1 Kauman melaksanakan penyembelehan hewan qurban untuk dibagikan kepada masyarakat sekitar.
Qurban berasal dari bahasa Arab yang bermakna Qurbah atau mendekatkan diri kepada Allah SWT. Jadi qurban merupakan wujud kesediaan seseorang untuk mengorbankan yang dicintainya dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah SWT. Qurban adalah suatu amalan yang diisyariatkan Islam pada tahun kedua Hijriyah berdasarkan dalil Al-Qur’an, Hadits dan Ijma. Al-Qur’an mensyariatkannya melalui surat Al-Kautsar (QS.108: 1 – 2)

 Menurut Drs Suyatno MM.Selaku Kepala SMA Negeri 1 Kauman saat di konfermasi di sekolah setelah melaksanakan ibadah sholat Idul Adha menuturkan  untuk tahun ini  dengan berswadaya  para guru dan murid berhasil membeli 2 ekor sapi dan 1 ekor kambing,keterlibatan dari anak didik kami lakukan supaya mereka lebih memahami apa arti dari Qurban tersebut,Tentang pemahaman terhadap kewajiban berqurban Ibadah Qurban merupakan bentuk wujud SYUKUR kita atas segala nikmat yang telah diberikan Allah SWT (nikmat sehat, nikmat selamat, nikmat materi… dan masih beribu nikmat lainnya). Ibadah Qurban ibadah yang sudah lama dilakukan, sejak sejarah Nabi Adam.
 Ibadah Qurban merupakan satu rangkaian proses, yang dimulai sejak memasuki bulan Dzulhijjah, yaitu:
  • Mulai tanggal 1 Dzulhijah, dengan meningkatkan kuantitas dan kualitas ibadah, perbaiki kualitas ibadah, shaum sunnah, sholat di masjid, dsb.
  • Memperbanyak takbir di lima hari sejak tanggal  9 – 13 Dzulhijjah, setelah shalat fardhu.
  • Tanggal 9 Dzulhijjah melakukan shaum sunnah Arafah, sebagaimana Rasul bersabdah “Mengerjakan shaum di hari arafah, aku mengharapkan Allah memaafkan dosa satu tahun sebelum dan satu tahun sesudahnya”
  • Melaksanakan shalat Ied dan mendengarkan Khutbahnya.
  • Menyembelih hewan qurban yang dilakukan pada Hari Raya Haji. (Selepas shalat Idul Adha) dan hari – hari Tasyriq, yaitu 11, 12 dan 13 Dzulhijjah
Tentang Bagaimana Keutamaan dalam Ibadah Qurban?
  • Menghidupkan sunnah Nabi Ibrahim a.s
  • Mendidik jiwa ke arah takwa dan mendekatkan diri kepada Allah SWT
  • Mengikis sifat tamak dan mewujudkan sifat murah hati dengan menafkahkan hartanya di jalan Allah SWT
  • Menghapus dosa dan mengharapkan keridhoan Allah SWT
  • Menjalin hubungan kasih sayang sesama manusia terutama antara golongan berada dan tidak mampu
  • Dimana  manfaat/pahala qurban yaitu,Setiap helai bulu akan memberikan kebaikan kepada kita,setiap tetes darah akan menghapuskan dosa kita.
Mempersembahkan qurban merupakan Sunnah Muakkadah (sunnah yang sangat dianjurkan, merupakan kesunnahan yang nyaris wajib, yang tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah SAW), dan berqurban kesunnahannya dilakukan tiap tahun.Kesunnahannya berlaku secara individual (baik ayah, ibu, anak dst)

 (red)

No comments:

Post a Comment