Tuesday, August 7, 2012

CarutMarutTenagaKontrak di PasarTulungagung


Kondisi PTT Ngemplak
TULUNGAGUNG (RF) - PadaakhirDesembertahun 2008 lalu,DinasPendapatandaerah(Dispenda) PemkabTulungagunginitelahfakum alias ditiadakan.Akan tetapi,padatahun 2012 dinas yang jugamembidangisoalpasarinikembalidihidupkankembali.Kebijakantersebuttak lain adalahsebuahrangkaianpelaksanaanOtodasebagaimana yang tertuangdalam UU nomor 32 Tahun 2004 tentangPemda,dimanasecaraeksplesitdaerahuntukmengurusdanmengaturrumahtanggasendiridalampenyelenggaraanpemerintahdanpembangunandalamwadah NKRI.

Dengandihidupkannyakembalidinastersebut,berbagaiprpgramsertakebijakandalamupayapembenahanpasar-pasar pun telahdilakukan.Takheran,biladisejumlahpasar yang banyakmenyumbangpendapatanaslidaerah (PAD) initerlihattertatarapi.Denganbegitu,pasar yang menjadiperputaranekonomibagimasyarakatinidiharapkanmampumemenuitarget PAD di Tahun 2012 ini.
Akan tetapi,dibaliksemuainiadasebuahtabir yang perludibukasertamendapatperhatianserius.Pasalnya,ratusan ‘tenagakontrak’ yang ada di pasar-pasarwilayahKabupatenTulungagunginitakmemiliki SK dangajitetap alias asalpakaiseragamsaja.Mereka,parapekerjainidiberitugasmenarikretribusipasar ,petugasparkir, petugaskebersihanhinggapenjaggamalam.Sedangkangaji yang didapatnya,yaknidaribagihasilpendapatan yang diadapat (persenan,red) setiapsatuminggusekali.‘’Yakalaulagisepidapatnyajugatidakbanyak mas,’’kata seorangpetugas di PasarNgemplakitu.
Sudahtigatahunini,lanjutnya,dirinyatidakkunjungmendapat SK kontrakdariBupati.Padahal,sebelummasuk di tenagakontrakitudirinyapernah ‘dijanjikan’SK Bupati,dengandalihnantinyabisamasuk di PegawaiNegeriSipil (PNS) di Pemkabsetempat.Namun,hinggasaatini,SK itubelumkunjungditerimanya.Padahal,untukbisamasukbekerjaitudirinyatelah ‘menyetorupeti’ berkisarpuluhanjuta rupiah kepadaoknum yang telah yang telahmembantuyamenjaditenagga honor di diwilayahpasartersebut.
‘’Padasaatsayatanyakan SK itu,jawabannyaselaluuntukdimintasabardulu.Kalaudisuruhsabardansabarterus,bagaimanadengannasibsayananti?Dan,saatsayacobatanyakepihakDispenda,katanyasaatinisudahtidakadalagitenagakontrak.Inikanmembingungkan,’’ keluhnya
Namun,saat RADAR FAKTA mencobamenkonfirmasiterkaitratusanparapekerja yang memakaiseragamdinastersebutkeKepalaDinasPendapatan Daerah (Dispenda) PemkabTulungagung—DrsEkoAsistonoMSi ,tidakadaditempat alias keluarkota. ‘’Bapaklagikeluarkota mas,’’ kata anggotaPolisiPamongPraja (Pol PP)yang bertugas di DispendaPemkabTulungagungitu. (red)

No comments:

Post a Comment